Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan

Posted On // Leave a Comment
Ramadhan Mubarak! Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Indonesia menyambut dan menjalani bulan Ramadhan dengan beragam tradisi yang membuatnya menjadi cukup unik. Berikut adalah beberapa fakta unik seputar bulan Ramadhan yang ada di Indonesia.

Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan
Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan

1. Munggahan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Salah satunya adalah tradisi Munggahan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat. Dalam tradisi ini, masyarakat tatar sunda memasak masakan tradisional khas sunda kemudian mengadakan pengajian untuk berdoa agar di bulan Ramadhan kali ini mereka bisa mendapat berkah lebih banyak dari bulan Ramadhan tahun lalu.

2. Ngabuburit

Istilah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia, ngabuburit. Ngabuburit adalah waktu di sore hari di mana banyak orang pergi keluar rumah untuk sekedar jalan-jalan atau mencari makanan untuk berbuka puasa. Makanan yang biasa dicari saat ngabuburit adalah kolak dan sop buah.

3. Asmara Subuh

Istilah asmara subuh adalah yang dipakai oleh muda-mudi kota Palembang yang dikenal dengan kota pempek, dkegiatan asmara subuh biasa berlangsung setelah selesai shalat subuh dan berakhir menjelang terbit matahari, biasanya kegiatan diisi dengan jalan-jalan bareng bersama teman-teman serta kegiatan olahraga ringan seperti jalan sehat, bersepeda santai dan sebagainya.

4. Buka Bersama

Buka bersama juga merupakan tradisi yang sudah tidak aneh setiap bulan Ramadhan, namun yang menarik di Indonesia adalah Anda bisa buka bersama setiap hari! Mulai dari buka bersama dengan teman-teman TK, SD, SMP, SMA hingga Universitas. Belum lagi jika Anda mempunyai organisasi lain atau teman lain di luar sekolah, seperti teman kantor atau organisasi masyarakat, sehingga selama bulan Ramadhan banyak orang akan merencanakan buka bersama ini.

5. Mudik Ke Kampung Halaman

Mendekati lebaran, banyak orang Indonesia yang pergi ke kampung halamannya. Itulah yang disebut dengan mudik. Mudik menjadi ciri khas paling unik di Indonesia karena saat suasana mudik, ibukota yang biasanya ramai menjadi sangat sepi.

5. Belanja Baju Baru

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan berkah bagi tempat perbelanjaan yang ada di Indonesia loh! Buktinya, setiap tahun, setiap bulan Ramadhan, tempat perbelanjaan yang ada di Indonesia selalu dipenuhi ribuan orang yang akan menyambut lebaran dengan baju baru. Tak kalah serunya, banyak tempat perbelanjaan di Indonesia berlomba-lomba memberi diskon besar-besaran guna menarik pembeli yang banyak.

Ya..bukan Indonesia namanya bila tidak beragam. Semoga di bulan Ramadhan kali ini, kita semua senantiasa diberikan rezeki dan berkah yang melimpah untuk mencapai kemenangan sesungguhnya di hari lebaran nanti. Selamat menunaikan ibadah puasa!
Source: bacathok

0 komentar:

Posting Komentar